PENERAPAN METODE ROTATING ROLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 5 SANDIK TAHUN AJARAN 2011/2012

SOPAYANA, PIPIN (2011) PENERAPAN METODE ROTATING ROLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 5 SANDIK TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PIPIN SOPAYANA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 5 Sandik yang rendah disebabkan oleh kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dan rendahnya keberanian siswa untuk tampil mengungkapkan pikiran dan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam belajar, pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah metode rotating roles. Metode rotating roles ini adalah metode bermain peran bergilir yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif. Metode rotating roles adalah salah satu bentuk permainan yang dipakai untuk menjelaskan perasaan, sudut pandang, dan cara berfikir orang lain ( membayangkan diri sendiri seperti keadaan orang lain ). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus memiliki tahapan-tahapan antara lain: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan peningkatan kemampuan berbicara yaitu apabila aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa siklus I nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa adalah 57 dengan rincian siswa yang tuntas 13 orang dan siswa yang belum tuntas 15 orang dengan persentase ketuntasan belajar 46,42%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 73, dengan rincian siswa yang tuntas 23 orang dan yang belum tuntas berkurang menjadi 5 orang, dengan persentase ketuntasan belajar 82,14%. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I, rata-rata skor aktivitas guru adalah 17,5 dengan kriteria aktivitas baik dan meningkat pada siklus II, rata-rata skor aktivitas guru 22 dengan kriteria aktivitas sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Rotating Roles ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 5 Sandik tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: Metode rotating roles, kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode rotating roles, kemampuan berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7299

Actions (login required)

View Item View Item