PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 01 SANDIK LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010/2011

Helmina, Malida (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 01 SANDIK LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V EDIT.doc
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas IV SDN 01 Sandik diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di SDN 01 Sandik adalah guru cenderung hanya menjelaskan materi ajar serta menggunakan bahasa daerah untuk mengajar. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi membosankan. Implikasinya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran pun rendah dengan nilai rata-rata ulangan dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 66. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 01 Sandik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode artikulasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Sandik yang berjumlah 28 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui evaluasi pada tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 2,9, persentase 74,5% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,5, persentase 63,8% kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru adalah 3,7, persentase 93,7% kategori sangat baik, skor aktivitas siswa adalah 3,4 persentase 85% kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 2 siklus adalah 71; 80; dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 75%, 89%. Ini membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 01 Sandik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode artikulasi, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7304

Actions (login required)

View Item View Item