PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS IV SDN ESOT TAHUN AJARAN 2010/2011

SUKMAYANTI, RENI (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS IV SDN ESOT TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran kuantum (Quantum Teaching) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pecahan di kelas IV SDN Esot Tahun Ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Esot yang berjumlah 43 orang, sedangkan data penelitian meliputi: aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data adalah: (1) observasi dan (2) tes evaluasi hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penerapan metode pembelajaran kuantum (Quantum Teaching) dilaksanakan melalui kerangka TANDUR, yaitu : (1) Tanamkan, (2) Alami, (3) Namai, (4) Demonstrasikan, (5) Ulangi, dan (6) Rayakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu dengan rata-rata skor 12,18 dengan kategori cukup aktif dan terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II dan III yaitu 17,46 dengan kategori aktif, dan 20,58 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan rata-rata nilai hasil evaluasi belajar pada siklus I adalah 62,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 39,53% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai 81,53 persentase ketuntasan klasikalnya 90,69%, dan pada siklus III rata-rata nilai 88,65 dengan persentase ketuntasan klasikal 95,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kuantum (Quantum Teaching) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pecahan kelas IV SDN Esot tahun ajaran 2010/2011 dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II dan III yaitu sebesar 62,4 menjadi 81,53 dan 88,65.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kuantum, Kerangka TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Materi Pokok Pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7305

Actions (login required)

View Item View Item