PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FAIZAH, FAIZAH (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FAIZAH PGSD.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 03 Rumak tahun pelajaran 2010/2011, dengan tujuan (1) untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, (2) untuk meningakatkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika materi pokok bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Tiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan penilaian, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 03 Rumak dengan jumlah siswa 24 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu observasi dan tes. Adapun metode analisis data yaitu dengan menganalisis nilai rata-rata hasil evaluasi setiap siklusnya dan tingkat keaktifan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakannya penelitian tindakan kelas pada tes awal masih di bawah standar Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan hanya mencapai 46%. Peneliti melakukan refleksi dan melakukan penelitian tindakan kelas terhadap permasalahan tersebut seperti yang tercermin dalam judul penelitian saya Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 03 Rumak tahun pelajaran 2010/2011. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I ketuntasan individual 13 orang, secara klasikal 60% dan nilai rata-rata kelas 62. Siklus II ketuntasan belajar individu 21 orang, secara klasikal 91% dan nilai rata-rata kelas 80. siklus III ketuntasan belajar individu 22 orang, secara klasikal 96% dan nilai rata-rata 83. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 03 Rumak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperatif, NHT, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item