PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 31 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

YULIANY, HENY (2011) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 31 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1 - BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Berdasarkan observasi sebelum penelitian menunjukkan aktifitas belajar siswa SDN 31 Ampenan khususnya pada pembelajaran IPA masih rendah. Begitupula yang terjadi dengan hasil belajarnya, siswa yang mencapai nilai ≥ 65 pada ulangan harian IPA hanya sebesar 37,14 %. Data ini menunjukkan pula bahwa hasil belajar siswa belum mencapai standar yang diinginkan yaitu hasil belajar dikatakan tuntas secara klasikal bila siswa mencapai nilai ≥ 65 sebesar 85%. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 31 Ampenan dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 35 siswa yang digunakan sebagai subyek penelitian. Untuk tercapainya tujuan tersebut, pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD ini dilakukan sebanyak 3 siklus . Dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Berdasarkan analisa data, diperoleh nilai akhir rata-rata skor aktivitas siswa dari siklus I 2,20 menjadi 2,76 pada siklus II dan 3,40 pada siklus III dengan kategori sangat aktif, sedangkan nilai akhir skor rata-rata aktivitas guru dari siklus I 2,36 menjadi 2,99 pada siklus II dan 3,24 pada siklus III dengan kategori baik, untuk nilai skor rata-rata hasil evaluasi belajar siswa dari siklus I, siklus II dan siklus III juga terjadi peningkatan dari 76,34 menjadi 77 dan 83,71, demikian juga dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 77,14% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II dan 94,29 % pada siklus III. Dari data yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SDN 31 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, kooperatif, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7312

Actions (login required)

View Item View Item