PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 49 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

SUPRAPTA, I GUSTI BAGUS (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 49 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di sekolah dasar pada umumnya masih menerapkan pola pembelajaran konvensional, dominasi guru di dalam mengajar masih tinggi. Dari hasil observasi di kelas V SDN 49 Cakranegara pada mata pelajaran matematika menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat guru sentris. Pada pembelajaran pokok bahasan pengukuran sudut, guru menjelaskan materi pelajaran kemudian memberikan contoh soal. Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran inkuiri melalui pendekatan realistik pada materi pengukuran sudut untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 49 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011. Dalam penerapan pendekatan realistik dengan model pembelajaran inkuiri, guru berperan sebagai penyusun rencana, mediator antara pengalaman siswa dalam dunia nyata dengan materi pelajaran, fasilitator alat bantu pelajaran, dan motivator aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data aktivitas belajar siswa dan data aktivitas guru dalam mengajar diperoleh dengan cara menerapkan pedoman observasi. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar buatan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah skor belajar siswa kelas V mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I,II dan III adalah 51,5 ; 63,5 dan 65,5 dengan kategori cukup aktif, cukup aktif dan aktif. Sedangkan tes hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I, II, dan III adalah 6,38 , 6,83 dan 7,20. Dengan mengadakan uji Z menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II signifikan dan siklus II ke siklus III signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan realistik (RME) dengan model pembelajaran inkuiri secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 49 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan pengukuran sudut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengukuran sudut, guru menjelaskan materi pelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item View Item