PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALY) PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 SANDIK

NURHIDAYATULLAILI, NURHIDAYATULLAILI (2011) PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALY) PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 SANDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA. Pembelajaran IPA di SDN 4 Sandik terlihat masih didominasi oleh metode ceramah dan kegiatan berpusat pada guru, guru tidak menggunakan media pembelajaran, tidak ada tanya jawab baik antara guru dengan siswa maupun antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dipadukan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory,visualizatian,intelektualy) pada siswa kelas V SDN 4 sandik Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 5 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Sandik dengan jumlah siswa 28 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 50 dan ketuntasan klasikal sebesar 20 % sedangkan pada siklus II rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 73.26 dan ketuntasan klasikalnya meningkat menjadi 88.46 %, presentase peningkatannya mencapai 68.46. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopeatif dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 4 Sandik Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Koopertif, Pendekatan SAVI, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item