PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 12 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011)

ULFATURROHMI, ULFATURROHMI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 12 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II, III, IV, v.doc
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 12 Mataram tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Berdasarkan informasi dari guru kelas IV SDN 12 Mataram nilai rata-rata pelajaran IPA semester I tahun pelajaran 2009/2010 adalah 6,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 55%. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut antara lain dikarenakan dalam penyampaian materi pelajaran masih bersifat satu arah, dan metode yang digunakan masih didominasi dengan ceramah, serta kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep IPA serta dapat mengajak siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan aktivitas sekurang-kurangnya 75% siswa aktif dalam mengikuti pelajaran dan hasil belajar siswa sekurang-kurangnya memperoleh nilai 65 dan ketuntasan belajar mencapai 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas dan skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 9,19 dengan kategori cukup aktif dan skor rata-rata hasil belajar 72,00 dengan ketuntasan klasikal 80%. Skor aktivitas siswa pada siklus II sebesar 13,32 dengan kategori aktif dan skor rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 81,00 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 12 Mataram tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas, hasil belajar, kooperatif, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:01
Last Modified: 25 Aug 2018 02:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7327

Actions (login required)

View Item View Item