PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 SURANADI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUHERIYANTINI, SUHERIYANTINI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 SURANADI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JUDUL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi rendahnya nilai ulangan matematika di kelas IV SDN 1 Suranadi disebabkan karena guru tidak menggunakan model pembelajaran dalam pembelajaran matematika. Guru menjelaskan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa tidak mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang diajarkan, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajrar matematika kelas IV SDN 1 Suranadi tahun pelajaran 2010/2011. Oleh karena itu tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi operasi bilangan bulat dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 1 Suranadi tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus, sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi.. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75, dan siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dari 20 siswa. Pada siklus II rata-rata tes hasil belajar adalah 81 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa, dan pada siklus III rata-rata tes hasil belajar siswa meningkat menjadi 89,5 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dari 20 siswa. Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II dan siklus III adalah 70%, 80% dan 90%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi operasi bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Suranadi tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tipe STAD, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:11
Last Modified: 04 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item View Item