PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE(TPS)UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS KELAS V SDN 22 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

UTAMI, PRANITA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE(TPS)UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS KELAS V SDN 22 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsiku.docx
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 22 Cakranegara pada tanggal 28 November 2010, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru sudah berupaya memperbaiki kondisi pembelajaran, namun aktivitas dan prestasi belajar siswa tetap tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi ini dapat dilihat dari nilai rata–rata ulangan harian semester I kelas V SDN 22 Cakranegara masih ada yang dibawah 68,0. Permasalahan diatas disebabkan oleh ketidaksiapan siswa dalam menerima materi, kurang mempelajari kembali materi dan timbulnya kesan sulit terhadap materi yang baru diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Sains melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) di kelas V SDN 22 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 22 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan essay tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar dikatakan telah meningkat apabila skor aktivitas siswa secara klasikal minimal dalam kategori aktif dan ada peningkatan skor aktivitas dalam setiap siklusnya. Prestasi belajar dikatakan telah meningkat apabila rata–rata skor hasil evaluasi yang diperoleh siswa minimal 68,0 dan ada peningkatan dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 14,59 dan 15,25 yang memilki katagori sangat aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar 70,12 dan 78,97. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) meningkatkan prestasi belajar Sains kelas V SDN 22 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Prestasi Belajar, Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:11
Last Modified: 04 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7334

Actions (login required)

View Item View Item