PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 10 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

EKA DESI ARIYANTI, EKA DESI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 10 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 10 Ampenan Pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Ampenan sebanyak 37 siswa . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan pelaksanaannya yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan prestasi belajar kognitif siswa dikumpulkan melalui tes pada setiap akhir siklus. Berdasarakan hasil penelitian pada data keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I jumlah deskriptor yang muncul adalah 25, sedangkan persentase keterlaksanan pembelajaran adalah 67,57% dan masuk dala kriteria baik. Pada siklus II jumlah deskriptor yang muncul adalah 33, sedangkan persentase keterlaksanan pembelajaran adalah 89,19% dan masuk dala kriteria sangat baik. Selanjutnya pada siklus III jumlah deskriptor yang muncul adalah 36, sedangkan persentase keterlaksanan pembelajaran adalah 97,30% dan masuk dala kriteria sangat baik. Selanjutnya peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan rata – rata dan ketuntasan tiap siklus. Untuk siklus I nilai rata – rata mencapai 60,88 sedangkan ketuntasan mencapai 44,12%. Untuk siklus II nilai rata – rata mencapai 81,18 sedangkan ketuntasan mencapai 88,24%. Sedangkan untuk siklus III nilai rata – rata mencapai 82,57 sedangkan ketuntasan mencapai 94,29% dari standar minimal ketuntasan yakni 85 % mencapai KKM (6,50). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 10 Ampenan Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Jawaban, Aktifitas Guru Dan Siswa, Dan Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:10
Last Modified: 04 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7340

Actions (login required)

View Item View Item