PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SESELA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MUHARDINI, S INTA YANA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SESELA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1-5.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN 1 Sesela didominasi oleh metode ceramah dan kurangnya variasi gaya mengajar guru dalam proses pembelajaran di kelas ( hasil observasi di kelas IV SDN 1 Sesela). Akibatnya berdampak pada proses pembelajaran seperti siswa merasa bosan, rendahnya minat dalam mengikuti pembelajaran, komunikasi diantara guru dan siswa tidak berjalan dua arah, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Sesela. Proses pembelajaran dan hasilnya akan baik jika model pembelajaran yang digunakan dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran TGT pada pokok bahasan Bumi Dan Alam Semesta. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Sesela pada pokok bahasan Bumi Dan Alam Semesta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus dengan soal berbentuk essay, dan data aktivitas siswa dan guru diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan ketuntasan klasikal ≥ 85% dengan KKM 65. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 61,3 menjadi 75,2 pada siklus II. Demikian pula untuk persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 65,20% meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Dengan memperhatikan hasil yang diperoleh maka indikator penelitian telah tercapai dan penelitian dihentikan sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) sudah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sesela tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 00:34
Last Modified: 04 Aug 2018 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item