PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 KR.BARU WANASABA TA.2010/2011

Yulia, Ratna (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 KR.BARU WANASABA TA.2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)

Abstract

Berdasarkan uraian bab IV dapat diketahui bahwa dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berteknik Bercerita Berpasangan terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Praya Barat Daya. Peningkatan tersebut dapat diketahui dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I nilai yang dicapai sebesar 95%, dan pada siklus II sebesar 97,5% meningkat sebesar 2,5%. Sedangkan pada aktivitas siswa nilai yang dicapai siklus I sebesar 70%, dan pada siklus II sebesar 95% meningkat sebesar 25%. Ada pun kemampuan berbicara siklus I nilai rata-rata yang dicapai sebesar 63,9% dan pada siklus II sebesar 79,5% meningkat sebesar 15,6%. Sedangkan ketuntasan klasikal siklus I nilai yang dicapai sebesar 63,1%, dan pada tindakan siklus II nilai yang dicapai sebesar 100% meningkat sebesar 36,9%. Mengingat SKBM yang ditetapkan di sekolah sebesar 65, maka telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Prya Barat Daya. Dan presentase ketuntasan klasikal minimal (KKM) yang harus dicapai sebesar 75% dan sudah mencapai standar ketuntasan belajar maksimal (SKBM) sebesar 65.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berteknik Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:00
Last Modified: 25 Aug 2018 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item