PENGARUH MODEL PROBLEMSOLVING VS PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA SMK NEGERI 4 MATARAM

Surdinata, Maha (2017) PENGARUH MODEL PROBLEMSOLVING VS PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA SMK NEGERI 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

The purpose of this research was to determine difference in the effect of applying the model of problem solving and problem posing against critical thinking skills and student learning outcomes SMKN 4 Mataram. Research in the quasi experimental nonequivalen control group design and implemented from 14th January to 14th February 2016. The instruments used in this research was questionnaires as many as 17 items that matter is valid from 25 item that exist and also a multiple choice as many as 19 questions from 25 item that exist. The results showed tcount (0.3158) < t table (2.0153) for the ability critical thinking and tcount (1.4363) <t table (2.0153) for the learning outcomes of students with significant level of 5%. The results of data analysis and discussion concludes critical thinking skills and student learning outcomes PPKn that applying the model of problem solving and problem posing has no significant differences. This means there is no difference effect of critical thinking skills and student learning outcomes between first class experimental when implements of problem posing model and second classes experimental when implement of problem solving model on subjects PPKn. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penerapan model problem solving dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMKN 4 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan nonequivalen control group design dan dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari sampai dengan 14 Februari 2016. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket sebanyak 17 item yang dinyatakan valid dari 25 item dan tes sebanyak 19 soal dari 25 soal yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung = (0.3158) < tTabel (2.0153) untuk kemampuan berpikir kritis dan thitung (1.4363) < tTabel (2.0153) untuk hasil belajar siswa dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data dan pembahasan menyimpulkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa PPKn yang menerapakan model problem solving dan problem posing tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang menerapkan model problem posing dengan kelas eksperimen 2 yang menerapkan model problem solving pada mata pelajaran PPKn Kata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:02
Last Modified: 07 Sep 2017 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item