PENERAPAN PEMBELAJARAN MELEMPAR “BOLA SALJU” (SNOWBALL THROWING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ROHMAWATI, SITI NUR IKA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN MELEMPAR “BOLA SALJU” (SNOWBALL THROWING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revisi jadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN 2 Sandik diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di SDN 2 Sandik adalah guru cendrung hanya menjelaskan materi ajar di depan kelas dan mencatat. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran IPS menjadi membosankan dan kurang menyenangkan. Implikasinya siswa yang terlibat dalam pembelajara sedikit sehingga hasil belajar siswa pun rendah dengan rata-rata hasil belajar 53.83 dengan ketuntasan belajar 45.71% dimana siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 orang siswa. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sandik Tahun Pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-2 dilakukan evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sandik Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data pendukung untuk memperoleh hasil belajar siswa melalui data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 2.9, persentase 72.92% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2.82, persentase 70.38% kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru adalah 3.08, persentase 77.08% kategori baik, skor aktifitas siswa adalah 3.35, persentase 83.67% kategori aktif dan siklus III skor aktivitas guru adalah 3.45, persentase 86.45% kategori sangat baik sedangkan skor aktivitas belajar siswa adalah 3.55, persentase 88.81% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 58.94; 62.45; 67.10 dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 48.57%, 57.14%, 82.85%. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Snowball Throwing, Hasi Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:54
Last Modified: 25 Aug 2018 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item