Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (RME, Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 3 Tetebatu Tahun 2011.

NINGSIH, BQ. MILA WINDI (2011) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (RME, Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 3 Tetebatu Tahun 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika selama ini, dunia nyata hanya dijadikan tempat mengaplikasikan konsep. Siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika di kelas. Akibatnya, siswa kurang menghayati atau memahami konsep-konsep matematika, dan siswa mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran Matematika Realistik (MR). Pendekatan Realistik adalah pendakatan pembelajaran yang bertitik tolak pada hal-hal yang bersifat nyata bagi siswa, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri cara menyelasaikan sebuah masalah sehingga akhirnya mereka dapat menggunakan matematika untuk manyelasaikan masalah baik secara individu maupun kelompok dan mampu menerapkan masalah matematika dalam kehidupannya sehari-hari. Pada pendekatan ini guru lebih banyak berperan sebagai moderator dan fasillitator, sedangkan siswa berlatih berfikir dan menyampaikan hasil pemikirannya, belajar berdemokrasi, bekerja sama dan mengharagai pendapat serta hasil pekerjaan temannya ( Zulkardi, 2001: 3). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di lakukan dengan menggunakan 3 siklus. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data untuk prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi. Hasil penelitian Pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik (RME). Adapun nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut Siklus I yaitu 57,36 (83,05%), Siklus II 62,22 (80,54%) dan Siklus III 64,60 (89,49%). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran RME dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SDN 3 Tetebatu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Pendekatan Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:52
Last Modified: 25 Aug 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item