PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 MEREMBU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

K h a e r o n i, K h a e r o n i (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 MEREMBU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Merembu Lombok Barat Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan pendekatan Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Merembu Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 25 siswa, terdiri dari 9 siswa putra dan 16 siswa putri. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 3 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar bersumber dari siswa yang diambil dengan menggunakan tes tertulis dengan jumlah soal sebanyak 15 yang terdiri dari 10 soal isian dan 5 soal uraian, sedangkan data pelaksanaan pembelajaran cooperative learning tipe think pair share diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran setiap siklus, menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar dan keterlaksanaan pembelajaran secara berturut-turut. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 68%, siklus II 76%, dan siklus III 88%, sedangkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 73,68%, siklus II 84,21%, dan pada siklus III sebesar 94,74%. Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah terpenuhi shingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Merembu Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS), hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:49
Last Modified: 25 Aug 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7387

Actions (login required)

View Item View Item