PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 SUKARARA

RAEHANUN, RAEHANUN (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 SUKARARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DAFTAR ISI SKIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Sukarara yang masih tergoling rendah. hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu model pembelajaran satu arah dan partisipasi siswa kurang. Rumusan masalah yang dikemukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas IV SDN 3 Sukarara. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Sukarara dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 3 Sukarara yang terdiri dari 22 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. pendekatan kuantitatif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa dan pendekatan deskriptor kualitatif untuk menentukan data hasil observasi perilaku mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajar selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 76,59 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 71,43% dan rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 64, 28 %. Sedangkan perilaku mengajar guru yang terlaksana yaitu 84, 21 %. Pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 84,04 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 90,48 % serta aktivitas belajar siswa mencapai 92, 85 %. Adapun aktivitas mengajar guru dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth sudah terlaksana sepenuhnya dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Sukarara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Mact, Prestasi belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:48
Last Modified: 25 Aug 2018 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7389

Actions (login required)

View Item View Item