PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG BIDANG DATAR SISWA KELAS VI SDN 03 AMPENAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

SUWANDI, SUWANDI (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG BIDANG DATAR SISWA KELAS VI SDN 03 AMPENAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PROPASAL 1-3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Matematika di kelas VI SDN 03 Ampenan, siswa cenderung kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pada saat penyampaian materi, siswa langsung diberikan rumus-rumus tanpa adanya interaksi langsung dengan obyek yang dibicarakan sehingga proses pembelajarannya kurang bermakna. Selain itu, motivasi belajar siswa rendah karena guru kurang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari salah satunya adalah kubus dan balok. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Yang merupakan konsep yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu memahami materi yang diajarkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Adapun indikator kinerja tindakannya adalah aktivitas belajar siswa, rata-rata skor, dan ketuntasan klasikal. Tindakan dikatakan berhasil jika aktivitas belajar siswa berkatagori aktif, rata-rata skor hasil belajar siswa minimal 70, dan sedikitnya 85% dari banyaknya siswa yang mengikuti tes memperoleh nilai minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 3,33, rata-rata skor 84,88 dengan ketuntasan belajar 92,68%, pada siklus II aktivitas belajar 2,87, rata-rata skor 69,29 dengan ketuntasan belajar 64,29%, dan pada siklus III aktivitas belajar siswa 3,54, rata-rata skor 83,33 dengan ketuntasan belajar 90,48%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II ada penurunan prestasi belajar siswa, hal ini disebabkan karena faktor siswa dan faktor tingkat kesulitan materi, namun pada siklus III ada peningkatan dari siklus II karena siswa telah menguasai materi. Setelah dihitung rata-rata skor dari siklus I, siklus II, dan siklus III diperoleh rata-rata skor 79,17 sehingga dapat dikatakan ada peningkatan prestasi belajar siswa karena di atas KKM 70 yang telah ditetapkan. Setelah diuji taraf signifikan ketuntasan belajar antara siklus I dengan siklus III, maka tidak ada penurunan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa karena masih dalam kreteria sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kontekstual dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:40
Last Modified: 21 Aug 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7391

Actions (login required)

View Item View Item