PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SESELA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Usniati, Siti (2011) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SESELA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah pembelajaran konvensional yakni ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Dalam hal ini, proses pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung menjadi bosan karena faktor penyampaian materi atau metode pembelajaran yang monoton. Untuk mengatasi masalah diatas, perlu dilakukan suatu pendekatan yang dapat mendukung proses pembelajaran matematika yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motovasi sekaligus mempermudah pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut adalah pendekatan matematika realistik. Penelitian dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pada operasi hitung bilangan bulat semester II kelas IV SDN 2 Sesela tahun pelajaran 2010/2011 dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 33 siswa (17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan). Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes, maka instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi lembar pengamatan dan lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar individual siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 70,54 dan siklus II yaitu 77,09, sedangkan ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 66,67% menjadi 87,88% pada siklus II. Demikian pula dengan aktivitas siswa, meningkat dari kategori cukup aktif menjadi aktif pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Realistik, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:40
Last Modified: 21 Aug 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7392

Actions (login required)

View Item View Item