MENERAPKAN TEKNIK KELOMPOK MENJAWAB LIMA W SATU H (KOMA W1H) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERINGKAS ISI BUKU BACAAN REFERENSI SISWA KELAS VB SEMESTER II SDN 3 SESELA TAHUN AJARAN 2010-2011

Wahyuni, Bq. Sri (2011) MENERAPKAN TEKNIK KELOMPOK MENJAWAB LIMA W SATU H (KOMA W1H) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERINGKAS ISI BUKU BACAAN REFERENSI SISWA KELAS VB SEMESTER II SDN 3 SESELA TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

Siswa kelas VB di SDN 3 Sesela Gunungsari sebagian besar mengalami kesulitan dalam meringkas isi buku. Hal ini terjadi karena guru belum bisa memberikan cara atau kiat-kiat tentang bagaimana membuat sebuah ringkasan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan teknik pembelajran bernama Kelompok menjawab Lima W Satu H yang kemudian disingkat KOMA W1H. Teknik pembelajaran ini dikembangkan peneliti dari kolaborasi dua metode yaitu STAD dan metode pelatihan meringkas model A tingkat 1 yang diciptakan oleh Dra. Vero Sudiati, dkk. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik KOMA W1H dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas VB semester II di SDN 3 Sesela Gunungsari untuk meringkas isi buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi serta tahap terakhir berupa refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari hasil observasi dan catatan lapangan yang dijadikan rujukan untuk penilaian proses. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil ringkasan individu siswa dan tes evaluasi yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 75% dari seluruh siswa (33 orang siswa) memperoleh nilai ≥ 65 atau jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar klasikal meningkat. Hal tersebut berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan di SDN 3 Sesela untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat (siklus 1= 45,16%, siklus 2= 93,54%). Sedangkan nilai rata-rata siswa dari siklus 1 ke siklus 2 juga menunjukkan terjadinya peningkatan, dari 56,86 menjadi 76,56. Hal ini berarti penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa teknik KOMA W1H dapat meningkatkan kemampuan meringkas isi buku pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas VB di SDN 3 Sesela Gunungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Meringkas isi buku, Teknik KOMA W1H
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2018 01:24
Last Modified: 18 Aug 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7395

Actions (login required)

View Item View Item