ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI GULA AREN DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Putra, I Gede Agus Sujana (2017) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI GULA AREN DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SRIPSI BURN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengkaji struktur biaya agroindustri gula aren di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara.(2) Untuk mengkaji keuntungan dan nilai tambah agroindustri gula aren di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. (3) Untuk mengkaji efisiensi pemasaran gula aren di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. (4) Untuk mengkaji kendala - kendala pada usaha agroindustri gula aren di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Unit analisis adala pengusaha gula aren dan lembaga pemasaran. Penelitian dilaksanakan pada 3 desa di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Penentuan daerah penelitian secara Purposive Sampling. Penentuan responden secara Sensus dan Snowball Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik Survey. Analisis data mengguna analisis struktur biaya, keuntungan dan nilai tambah,efisiensi pemasaran, dan kendala-kendala pada usaha agroindustri gula aren. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur biaya agroindustri gula arenadalah sebesar Rp. 2.858.322/Bulan dan biaya yang paling dominan yang di keluarkan oleh pengusaha gula aren di Kecamatan Pemenang adalah biaya bahan baku dengan persentase sebesar 73,17% dan biaya yang paling kecil adalah biaya bahan penolong kelapa parut dengan persentase sebesar 0,12%. Keuntungan agroindustri gula aren adalah sebesar Rp. 27,809/ proses produksi atau Rp.746,191/Bulan. Nilai tambah yang di hasilkan dari pengolahan nira aren menjadi gula aren adalah sebesar Rp.1114,37/liter. Di Kecamatan Pemenang terdapat 2 saluran pemasaran dan kedua saluran pemasaran tersebut tergolong efisien karena semua unit analisis termasuk kedalam kriteria efisien. Kendala-kendala yang dihadapi oleh pengusaha gula aren di Kecamatan Pemenang terkait dengan ketersediaan bahan baku, bahan penolong, dan akses jalan menuju daerah produksi namun kendala yang paling dominan adalah kendala bahan penolong (kayu bakar).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Tambah, Gula Aren, Efisiensi Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Sep 2017 06:49
Last Modified: 07 Sep 2017 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item