PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEMESTER II KELAS IV SDN I UBUNG TAHUN AJARAN 2009-2010

SARIPUTRA, NYOMAN EKA (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEMESTER II KELAS IV SDN I UBUNG TAHUN AJARAN 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUKSES.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (149MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah penggunaan media gambar siswa semester II kelas IV SDN I Ubung. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan media gambar dalam pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan apakah ada perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah penggunaan media gambar dalam pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti alur PTK, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu instrumen penilaian observasi guru untuk melihat sejauh mana tingkat penggunaan RPP yang telah digunakan peneliti serta penilaian tes. Hasil analisis data pada nilai sebelum siklus (free tes) yakni 55,0 dan setelah siklus 1 dan II untuk penilian hasil diperoleh rata-rata nilai 55,70 dan 80,23. Diperoleh nilai 2,604 berdasarkan tabel uji-t dengan db (N-1) = 41 dan taraf signifikan sebesar 1%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, serta terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia sebelum dah sesudah penggunaan media gambar dalam pembelajaran. Saran-saran yang ingin disampaikan peneliti adalah: (1). Penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran merupakan salah satu langkah terbaik dalam menunjang proses belajar mengajar, (2). Guru harus menggunakan metode yang bervariasi ketika mengajar di kelas, dan menggunakan media sesuai dengan metode yang telah dipilihnya, (3). Guru berusaha dan selalu memperhatikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga secara langsung dapat mengetahui siwa yang mengalami kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh, Media Gambar, dan Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:27
Last Modified: 21 Aug 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item