PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Uladini, Bq Ardian Aulia (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal fixx.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini didasari nilai hasil belajar siswa yang masih rendah dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran matematika karena sebagian besar siswa masih menganggap matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan. Hal itu dikarenakan kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Type Nonquivalent Control Group Design dimana penelitian ini menggunakan kelas yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes berupa esai jawaban singkat dan observasi yang kemudian digunakan sebagai langkah awal dalam perhitungan data. Data tes digunakan untuk menemukan apakah ada pengaruh dari penggunaan media pembelajaran diorama atau tidak sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media diorama. Data diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest kepada dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yakni kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV C sebagai kelompok kontrolyag sebelumnya telah ditentukan dengan cara sampel random. Setelah dilakukaknnya pengolahan data maka ditemukan hasil pengujian hipotesis dimana sebesar 4,863 dan sebesar 1,989 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Diorama, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:44
Last Modified: 25 Aug 2018 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7445

Actions (login required)

View Item View Item