PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IVSDN 48 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ZAIM, MUHAMMAD (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IVSDN 48 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN 48 Ampenan pada tanggal 28 November 2010, menunjukkan bahwa aktivitas belajar masih kurang yang berdampak pada prestasi belajar siswa rendah. Permasalahan diatas disebabkan oleh belum diorganisasikannya metode pembelajaran yang baik sehingga memungkinkan siswa lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 48 Ampenan tahun pelajaran 2011/2012, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 48 Ampenan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang diberikan tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi.. Prestasi belajar dikatakan telah meningkat apabila hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara kelasikal ≥80% siswa telah mendapat nilai ≥60. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II diperoleh skor aktivitas belajar siswa 18,9 dan 22,6 yang memilki katagori aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar 58,88 dan 72,88. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 48 Ampenan tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Koperatif, Think Pair Share , Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2018 05:11
Last Modified: 27 Aug 2018 05:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7514

Actions (login required)

View Item View Item