PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED –LEARNING PADA MATERI PENGERJAAN HITUNG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 PERINA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

MAESARAH, MAESARAH (2011) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED –LEARNING PADA MATERI PENGERJAAN HITUNG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 PERINA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi sarah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan didalam penelitian ini dilihat dari 2 sisi, yaitu guru dan siswa. Masalah bagi guru adalah pembelajaran matematika pada kelas V semester II guru masih menggunakan model pembelajaran tradisional, dimana proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, dan siswa hanya menerima pengetahuan dari guru. Masalah bagi siswa adalah aktivitas dalam meningkatkan pembelajaran masih kurang dan prestasi belajar matematikanya masih rendah. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka tujuan umum yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN I Perina pada materi pokok pengerjaan hitung pecahan dengan menerapkan model Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II menujukkan bahwa, nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 60,4 dan pada siklus II adalah 85,4, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru menujukkan bahwa nilai aktivitas guru pada siklus I adalah 68,04 dan pada siklus II adalah 89,3, dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 60,7%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 82,14%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,44%. Hasil uji-t menunjukkan bahawa nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( 9,21 > 2,045) yang berarti bahwa ada peningkatan yang signifikan (berarti) dari rata-rata nilai siswa antara sebelum dan setelah tindakan. Ini menandakan bahwa dengan penerapan model Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pengerjaan hitung pecahan di kelas V SDN 1 Perina Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan model Problem Based-Learning, aktivitas dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:06
Last Modified: 28 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7535

Actions (login required)

View Item View Item