PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN I KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

SUSANTI, SUSANTI (2011) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN I KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SANTI REVISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains, karena disebabkan beberapa faktor antara lain pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat dari rata-rata yang diproleh siswa yaitu 58,5 sehingga KKM ≥ 65 yang ditentukan sekolah belum tercapai, dan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah model STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA, 2) Apakah model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model STAD pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kediri tahun ajaran 2009/2010. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 35 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdapat tahapan-tahapan yang diakukan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi siswas menggunakan tes (pilihan ganda dan essay). Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor siswa ≥ dan = 65 dan ketuntasan klasikalnya tercapai minimal 85% siswa mendapat skor ≥ dan = 65. Dari hasil analisis data terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,7 menjadi 79,8 sehingga porsentase ketuntasan belajar siswa 64,7% pada siklus I dan 88,5% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata observer I adalah 16 dan 14,5 dari observer II dengan kategori kurang aktif menjadi 24,5 dari observer I dan 25,5 dari observer II dengan kategori aktif. Sedangkan kegiatan yang dilakukan guru pada siklus I dan silkus II yaitu dari skor rata-rata dari observer I adalah 18,5 dan 22,5 dari observer II dengan kategori cukup baik menjadi 24 dari observer I dan 25 dari observer II dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Kediri tahun ajaran 2009 / 2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): STAD, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:05
Last Modified: 28 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7539

Actions (login required)

View Item View Item