PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 1 SIKUR TAHUN AJARAN 2010/2011

LESTARI, SRI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 1 SIKUR TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1, BAB 2, BAB3, BAB4, BAB5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Sikur. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada guru (ceramah) dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana menerapkan model pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun datar dan bangun ruang di kelas V semester II di SDN 1 Sikur tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Sikur dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sikur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, II dan III dengan indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa mencapai nilai ≥ 60 dan tercapai ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% dari siswa mencapai nilai ≥ 60. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada siklus I sesuai dengan hasil tes adalah 59 dengan presentase ketuntasan klasikal 42,3%, siklus II nilai rata-rata nilai siswa 81,84 dengan persentase ketuntasan klasikal 80,76%, dan pada siklus III rata-rata nilai siswa 86,96 dengan presentase ketuntasan klasikal 92,3% . Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dari setiap siklus. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Sikur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Konstruktivisme, Prestasi belajar, bangun datar dan bangun ruang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:05
Last Modified: 28 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7541

Actions (login required)

View Item View Item