ANALISIS STRUKTURAL DAN SEMIOTIK KARANGAN DESKRIPSI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SD

I RADIATUL JANNAH, BAIQ UMIAT (2013) ANALISIS STRUKTURAL DAN SEMIOTIK KARANGAN DESKRIPSI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SD. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.docx

Download (72kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis dan hasil pendapat umum, keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa SD masih rendah, hanya sedikit yang mampu mencapai ketuntasan. Oleh karena itu, perlu adanya suatu analisis yang mendalam terhadap masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah analisis struktural dan semiotik karangan deskripsi?, dan (2) Bagaimanakah implikasi analisis struktural dan semiotik karangan deskripsi terhadap keterampilan menulis di SD?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan analisis struktural dan semiotik karangan deskripsi dan (2) Mengetahui implikasi analisis struktural dan semiotik karangan deskripsi terhadap keterampilan menulis di SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada analisis data karangan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada unsur struktural nilai rata-rata yang dicapai siswa bervariasi tetapi secara umum diperoleh gambaran bahwa nilai tertinggi siswa terdapat pada unsur struktur karangan deskripsi sedangkan nilai yang terendah siswa terdapat pada unsur tema. Sesuai dengan gambaran ini dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata siswa dari semua unsur adalah 38.32. Sedangkan Hasil analisis semiotik karangan deskripsi siswa diperoleh beberapa penggunaan majas atau gaya bahasa. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, stuktural dan semiotik, karangan deskripsi, menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:11
Last Modified: 31 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item