PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI STRATEGI PETA PIKIRAN PADA SEKOLAH DASAR ( Etnografi Kelas V SD Negeri 4 Praya Kecamatan Praya)

Hamdi, Lalu Suhaimi (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI STRATEGI PETA PIKIRAN PADA SEKOLAH DASAR ( Etnografi Kelas V SD Negeri 4 Praya Kecamatan Praya). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Jadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan model pembelajaran menulis karangan narasi melalui strategi peta pikiran untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam menulis karangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam bidang menulis dan kemampuan guru dalam mengajarkan menulis karangan narasi. Hal ini dapat dilihat dari siswa kurang bersungguh-sungguh dan tidak mempunyai kemauan dalam hal menulis terutama menulis karangan narasi sehingga mengakibatkan proses dan hasil siswa kurang optmal. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang mampu membangkitkan kemauan dan motivasi siswa, model tersebut yakni model peta pikiran. Model ini akan memberikan solusi bagi guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran dan siswa nantinya akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Etnografi kelas dengan subjek 2 kelas yaitu kelas Va dan Vb. Data yang dikumpulkan melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran dengan strategi peta pikiran mempunyai kelebihan yakni ketepatan waktu 76%, motivasi 94%, tanggung jawab 74%, dan berpikir kritis 76%. Adapun hasil kemampuan menulis karangan narasi 90% katagori tinggi yang dibuktikan dari hasil pembelajaran tanpa model peta pikiran dengan rata-rata 69, sedangkan pada pembelajaran menggunakan model peta pikiran rata-rata nilai siswa 84 berarti ada peningkatan 15%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model peta pikiran lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan model pembelajaran, peta pikiran,karangan narasi dan etnografi kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item