PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN 1 KEKERI KABUPATEN LOMBOK BARAT KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HIDAYAH, NURUL (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN 1 KEKERI KABUPATEN LOMBOK BARAT KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Q.doc
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru PKn dan siswa kelas IV SDN 1 Kekeri memberikan indikasi bahwa guru sudah berupaya memperbaiki kondisi pembelajaran PKn, namun prestasi belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Penggunaan strategi mengajar yang kurang sesuai dengan materi pembelajaran dan permasalahan lingkungan peserta didik menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Kondisi ini dapat dilihat dari pasifnya siswa di dalam kelas, sehingga pembelajaran yang terjadi hanya satu arah saja yaitu dari guru ke siswa. Selain itu, rata-rata nilai ujian semester II tahun pelajaran 2009/2010 masih rendah dan di bawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, guru hendaknya memperbaiki sistem pembelajaran. Salah satu caranya dengan menerapkan metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Kekeri Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus melalui dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kekeri yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 13 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa di setiap siklusnya dan sekurang-kurangnya siswa mendapat nilai 61 dan ketuntasan mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 6,90 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,83%. Pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 7,23 dengan persentase ketuntasan klasikal 83,33% sehingga sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian dan ketercapaian indikator dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Kekeri Kab. Lombok Barat Kec. Gunungsari Tahun Pelajaran 20102011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Diskusi, Prestasi Belajar, PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item