PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PENGAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V SDN 33 CAKRA NEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SAPUTRA, I PUTU ADI (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PENGAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V SDN 33 CAKRA NEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi adi saputra new 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Sains di kelas V SDN 33 Cakra Negara, siswa cenderung kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pada saat penyampaian materi, siswa langsung diberikan materi tanpa adanya interaksi langsung dengan obyek yang dibicarakan sehingga proses pembelajarannya kurang bermakna. Selain itu, motivasi belajar siswa rendah karena guru kurang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari salah satunya adalah cahaya dan sifat-sifat cahaya Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran kontekstual tipe pengajaran berbasis masalah (Problem-Based Leraning). Melalui pembelajaran ini, siswa terlatih untuk berperan aktif dalam mengikuti pelajaran dan dapat menemukan konsep sendiri sehingga mampu memahami materi yang diajarkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Cakra Negara tahun pelajaran 2010/2011. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila rata-rata prestasi belajar meningkat secara signifikan dan ketuntasan belajar klasikal tercapai, yaitu ≥ 85% memperoleh nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 13,36 ; 17,46, yang memilki katagori aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar: 80,62 dan 83,12 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Ketuntasan belajar secara klasikal berturut-turut dari siklus I dan II adalah 78,12% dan 87,50%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual tipe pengajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar sains siswa kelas V SDN 33 Cakra Negara materi pokok cahaya dan sifat-sifat cahaya Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kontekstual, Pengajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7568

Actions (login required)

View Item View Item