PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS V SDN 3 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FITRI, HUSNUL (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS V SDN 3 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kesempatan siswa beraktivitas dalam mengikuti pelajaran PKn sangat kurang, guru sering memberikan pelajaran dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa tidak terangsang untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif. Perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa tidak mau bertanya apalagi mengemukakan pendapat tentang materi yang diberikan dalam pembelajaran, sehingga aktivitas dan prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan yaitu ketuntasan klasikal 85 % dan KKM 7,2. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Ketuntsan belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN 3 Ampenan dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Skor aktivitas siswa siklus I pertemuan ke-1 dan ke-2 adalah 54 (Aktif) dan 64 (Sangat Aktif) serta siklus II pertemuan ke-1 dan ke-2 adalah 68 ( Sangat Aktif) dan 71 (Sangat Aktif). Sedangkan pada siklus I ketuntasan klasikal 80% dan siklus II ketuntasan klasikal 93,3%. Dapat disimpulkan, penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Diharapkan kepada semua pihak yang ingin menerapkan hasil penelitian ini, supaya menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah bersangkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Aktif, Jigsaw, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7570

Actions (login required)

View Item View Item