PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ASING PADA ANAK TK DENGAN METODE DRILLING VERBALISASI KATA

NENI SURYANIRMALA, NENI SURYANIRMALA (2014) PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ASING PADA ANAK TK DENGAN METODE DRILLING VERBALISASI KATA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.docx

Download (124kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa asing pada berbagai jenjang pendidikan cenderung lebih menekankan siswa mengerti tentang bahasa, bukan agar siswa mampu menggunakan bahasa yang dipelajari. Untuk meminimalisasi kebiasaan ini, metode pengajaran bahasa asing harus ditata ulang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini hadir dengan tujuan untuk menjelaskan metode pengajaran bahasa asing yang cukup efektif yaitu metode drilling. Sebagai sebuah metode, drilling tepat digunakan untuk melatih siswa menghafal kosakata baru. Data dalam penelitian ini berupa kosakata bahasa asing yang diajarkan pada anak TKIT Anak Sholeh Kediri. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yaitu mengamati proses pembelajaran bahasa asing (bahasa Arab dan Inggris) yang diverbalisasikan secara kontinyu oleh guru dan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif komparatif. Artinya semua data yang terkumpul dianalisis dan dibandingkan. Berdasarkan analisis tersebut dapat dilihat kelas kata yang paling dominan dikuasai siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kata yang paling dominan dikuasai siswa TKIT Anak Sholeh Kediri adalah kelas kata kerja dengan tingkat persentase penguasaan mencapai 88%, setelah itu kata benda dengan persentase penguasaan mencapai 87%, kemudian disusul kata sifat dengan pesentase penguasaan mencapai 83% dan terakhir kata bilangan dengan persentase penguasaan mencapai 73%. Kata kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): kosakata, bahasa asing, metode drilling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item View Item