POTRET PERJUANGAN TOKOH UTAMA DAN NILAI DIDIK DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI MA

BADRIN, BADRIN (2014) POTRET PERJUANGAN TOKOH UTAMA DAN NILAI DIDIK DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI MA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB IV PERJUANGAN TOKOH UTAMA Novel GD.docx

Download (175kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perjuangan tokoh utama dalam Novel Guru Dane (selanjutnya disingkat NGD) karya Salman Faris. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) struktur NGD, (2) nilai-nilai didik, dan (3) relevansi nilai-nilai didik tersebut dalam pembelajaran sastra di Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan dan metode wawancara. Analisis data menerapkan teori struktural, semiotika, dengan mengikuti langkah-langkah identifikasi, klasifikasi, deskripsi, interpretasi, dan eksplanasi. Simpulan penelitian ini adalah: (1) NGD terdiri atas beberapa unsur yang saling melengkapi, yakni tema, penokohan, latar, amanat dan alur; (2) bentuk perjuangan tokoh utama untuk membangkitkan harga diri orang Sasak dengan menjunjung tinggi nilai pluraritas, humanitas dan kekuatan identititas yang dikelompokkan menjadi, (a) membangun kesadaran kognitif tentang kemanusiaan, (b) membangun kesadaran sosial, (c) meruntuhkan keangkuhan atau kebesaran yang bergantung kepada benda-benda mistik, (d) menanamkan kesadaran kelas, dan (e) menanamkan sifat kesatria sebagai orang Sasak; (3) nilai didik dalam NGD, yaitu (a) rela berkorban dan tanggung jawab, (b) saling menghargai hak dan kewajiban, (c) teguh pendirian dan tahan uji, (d) religius, (e) sabar dan penyayang, (f) jujur, (g) kerja keras, (h) kerjasama, dan (i) disiplin; (4) nilai-nilai yang terdapat dalam NGD sesuai dengan standar isi, standar kompetensi, kompetensi dasar pembelajaran sastra, memberikan pemahaman dan pengaplikasian nilai-nilai tersebut sebagai pedoman untuk bertingkah laku, serta sesuai dengan realitas dalam masyarakat sehingga relevan dijadikan sabagai bahan pembelajaran sastra. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Perjuangan, Novel Guru Dane, Nilai Didik, Pembelajaran Sastra, MA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:09
Last Modified: 31 Aug 2018 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item View Item