PENGGUNAAN ALAT PERAGA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS II DI SDN 23 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

KHATIMAH, KHATIMAH (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS II DI SDN 23 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Bu Khat.doc
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas II SDN 23 Mataram hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan adanya kesulitan bagi siswa dalam memahami hal-hal yang bersifat abstrak. Penggunaan metode ceramah tanpa menggunakan alat peraga, kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan alat peraga abakus cocok diterapkan pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di SDN 23 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan di SDN 23 Mataram dalam semester I, dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Subyek penelitian siswa kelas II , yang berjumlah 21 orang , terdiri dari 16 0rang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Data penelitian dapat diperoleh dari data observasi aktifitas guru dan siswa, dan data yang diperoleh dari siklus I sampai siklus III persentase ketuntasan meningkat. Siklus I hasil observasi aktivitas guru diperoleh skor rata-rata 2,87 dan siswa diperoleh skor rata-rata 3,00 kategori (cukup baik) dengan persentase ketuntasan belajar 76,18%. Siklus II hasil aktivitas guru diperoleh skor rata-rata 3,58 dan siswa memperoleh skor rata-rata 3,6 kategori (baik), dengan persentase ketuntasan belajar 80%, sedangkan pada siklus III hasil observasi aktivitas guru diperoleh skor rata-rata 4 dan siswa diproleh skor rata-rata 3,95 kategori ( sangat baik ), dengan persentase ketuntasan belajar 90,47%. Dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan hasil evaluasi , pada setiap siklus, dapat dikatakan penggunaan alat peraga abakus dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan perestasi belajar khususnya pada siswa kelas II SDN 23 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Abakus, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:13
Last Modified: 30 Aug 2018 04:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7607

Actions (login required)

View Item View Item