PENGGUNAAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

HASMANIAH, BAIQ (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Sandik. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Selain itu guru kurang mengoptimalkan dan memanfaatkan media maupun alat peraga yang sudah disediakan, sehingga mengakibatkan kurang antusiasnya siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan alat peraga kertas lipat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Sandik pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Sandik dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada materi pecahan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Sandik dengan jumlah 31 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observer evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dengan 5 indikator, dimana indikator ketercapaian aktivitas guru minimal berkategori baik, aktivitas siswa minimal berkategori aktif, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes objektif dan essay dengan indikator ketercapaian hasil belajar yang ditetapkan adalah minimal 70% siswa mencapai nilai ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh 12,6 dengan kataegori aktif dan skor rata-rata aktivitas mengajar guru diperoleh 14,3 dengan kategori baik. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 66,93 dengan persentasi ketuntasan klasikal sebesar 67,74% karena banyak siswa yang tuntas 21 orang dan yang tidak tuntas 10 orang. Pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh 15,6 dengan kategori sangat aktif dan skor rata-rata aktivitas mengajar guru yang diperoleh 15,4 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus II sebesar 72,58 dengan persentasi ketuntasan klasikal sebesar 80,64% karena banyak siswa yang tuntas 25 orang dan yang tidak tuntas 6 orang siswa. Aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga kertas lipat pada materi pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Sandik tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Kertas Lipat, Prestasi Belajar, Pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:12
Last Modified: 30 Aug 2018 04:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item