PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN TEKA-TEKI KORELASI SATU-SATU (ONE-WAY PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS III SDN 4 GERUNG UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012

ARDIANTI, TIA (2011) PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN TEKA-TEKI KORELASI SATU-SATU (ONE-WAY PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS III SDN 4 GERUNG UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Rendahnya hasil belajar siswa ini diindikasi disebabkan oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat permainan teka-teki korelasi satu-satu (one-way puzzle). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 14,33 dengan prosentase 68,26% dan tergolong aktif, sedangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,84 dengan ketuntasan sebesar 28,57 % belum memenuhi indikator kerja yang telah ditentukan yaitu minimal 85% siswa yang mendapat nilai 61. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa adalah 17,17 dengan prosentase 81,76%, sedangkan hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,73 dengan ketuntasan sebesar 76,92 %. Nilai ini belum memenuhi syarat ketuntasan belajar yang telah ditetapkan sebesar 85% siswa yang mendapat nilai 61. Hasil penelitian pada siklus III menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa adalah 19,67 dengan prosentase 93,67, sedangkan hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,93 dengan ketuntasan sebesar 89,28% . Nilai ini menunjukkan telah memenuhi syarat ketuntasan belajar yang telah ditetapkan sebesar 85% siswa yang mendapat nilai 61. Hasil analisis data dari siklus I, II dan III tentang aktivitas dan hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I, II dan III sebesar 11,91. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, II dan III sebesar 8,2. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat permainan teka-teki korelasi satu-satu (one-way puzzle) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 4 Gerung Utara tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat permainan teka-teki korelasi satu-satu (one-way puzzle), aktivitas dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:57
Last Modified: 30 Aug 2018 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7609

Actions (login required)

View Item View Item