PENGGUNAAN KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 3 SESAOT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUSANTO, HARIYADI (2011) PENGGUNAAN KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 3 SESAOT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa yang belum optimal serta rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena KIT IPA yang ada disekolah tidak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Guru lebih domonan menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa tidaka aktif dalam pembelajaran. Masalah yang kami angkat dalam penelitian ini adalah apakah media KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 3 Sesaot ? Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 3 Sesaot dengan jumlah siswa 36 orang. penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perecanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. data kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan lembar observasi dan lembar pengamatan sedangkan data prestasi siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 58,73% dengan katagori cukup baik (cukup aktif) sedangkan hasil pengamatan siswa 60,64%. siswa yang mengikuti tes sebanyak 36 orang dengan nilai tertinggi 80,00, nilai terendah 46,66 dan rata-rata 61,89. jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 oang dan yang tidak tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52,77%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 66,58% dengan katagori baik (aktif) dan hasil pegamatan siswa 73,30. Siswa yang mengikuti tes sebanyak 36 orang dengan nilai tertinggi 96,66 dan perolehan nilai terendah 56,66 dan nilai rata-rata 70,10. pada siklus II ini jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Dari hasil yang diperoleh pada siklus I dan II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA IV SDN 3 Sesaot tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KIT IPA, Hasil Belajar, Energi Panas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:07
Last Modified: 31 Aug 2018 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7617

Actions (login required)

View Item View Item