PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 1 BAREJULAT TAHUN AJARAN 2011/2012

TRISNAWATI, YUNI (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 1 BAREJULAT TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNI (CD).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa siswa dalam mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam memilih metode dan menggunakan media pendukung dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dengan menerapkan penggunaan media gambar di kelas III SDN 1 Barejulat Tahun Ajaran 2011/2012. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus.Rancangan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Barejulat yang berjumlah 40 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan tiap akhir siklus sedangkan data aktivitas mengajar guru dan belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Adapun indikator ketercapaian penelitian ini adalah tercapainya peningkatan rata-rata hasil belajar dari nilai rata-rata sebelumnya dan nilainya mencapai minimal 60,00 dengan ketuntasan klasikal minimal 85 % pada siklus akhir. Hasil penelitian siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 62,25 dengan persentase ketuntasan 62,5 %. Jika dilihat dari indikator ketercapaian penelitian maka pada siklus I bisa dikatakan belum berhasil.Oleh sebab itu penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 78,25 dengan persentase ketuntasan 87,5 %. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dan indikator ketercapaian pun telah berhasil,sehingga penelitian ini dihentikan dan dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil siklus II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 1 Barejulat Tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:06
Last Modified: 31 Aug 2018 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7620

Actions (login required)

View Item View Item