PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN 2010/2011

ALUWI, ALUWI (2011) PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALUWI ACC.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan di kelas V SDN 21Cakranegara selama ini belum berorientasi pada siswa. Guru masih bertindak sebagai pemberi ilmu dan siswa sebagai penerima yang pasif, penggunaan alat peraga yang tidak optimal. Selain itu juga model pembelajaran dan alat peraga yang digunakan guru kurang sesuai dan belum mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, sehingga prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa masih di bawah KKM yaitu sebesar 62 dari KKM yang telah ditetapkan sebesar 65. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan volume kubus dan balok semester I kelas V tahun pelajaran 2010/2011. Alat peraga dan model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah penggunaan media geometri melalui pendekatan cooperative learning model GI. Apakah penggunaan media geometri melalui pendekatan cooperative learning model GI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, pada pokok bahasan volume kubus dan balok?. Peneliti melakukan dua siklus dalam penelitian ini, yang masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh setelah penerapan model pembelajaran ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas siswa setiap pertemuan untuk setiap siklus. Rata- rata skor hasil evaluasi siswa juga mengalami peningkatan setiap siklus. Pada sikus I rata- rata skor hasil evaluasi 74,4 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,9%. Setelah melakukan refleksi siklus I, maka dilakukan beberapa perbaikan dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Sehingga rata-rata skor hasil evaluasi 93,4 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal 91,3% melebihi skor minimal ketuntasan yang telah ditetapkan sebesar 80%. Dapat disimpulkan, penggunaan media geometri melalui pendekatan cooperative learning model GI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pokok bahasan volume kubus dan balok, siswa kelas V semester I SDN 21 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011. Namun bagi guru atau pihak lain yang ingin menggunakan media geometri melalui pendekatan cooperative learning model GI, pada pokok bahasan lain diharapkan untuk lebih memperhatikan langkah-langkah pembelajarannya dan mengacu pada kekurangan dan langkah perbaikan yang dilakukan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cooperative learning, media geometri, model GI, prestasi belajar, volume kubus dan balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:06
Last Modified: 31 Aug 2018 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7622

Actions (login required)

View Item View Item