PENGGUNAAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

YULIANA, LINDA (2011) PENGGUNAAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINDA YULIANA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan sebanyak tiga siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Mataram yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki, dan 18 siswa perempuan. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas guru dan siswa di kumpulkan melalui lembar observasi. Hasil observasi pembelajaran menggunakan media massa yakni media koran dan majalah pada siklus I memperoleh rata-rata skor 13,5 dan prosentase 75% dengan kriteria baik, sedangkan hasil observasi siswa berkaitan dengan prestasi belajar siklus I memperoleh rata-rata 2,72 dengan kriteria cukup aktif . Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 69,16 dan ketuntasan belajar 58,33% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang. Pada siklus II, rata-rata kelas mencapai 79,18 dan ketuntasan belajar 78,37% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 orang, sedangkan hasil observasi pembelajaran menggunakan media masa yakni media koran dan majalah meningkat di bandingkan siklus I yaitu rata-rata skor 16,5 dengan prosentase 91,67% kriteria baik sekali, sedangkan hasil observasi siswa berkaiatan dengan prestasi belajar siklus II 3,74 dengan kriteria aktif. Sedangkan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 18 dan prosentase 100% dengan kriteria baik sekali, sedangkan hasil observasi siswa berkaitan dengan prestasi belajar siklus I memperoleh rata-rata 4 dengan kriteria sangat aktif . Berdasarkan hasil penelitian pada siklus III, nilai rata-rata kelas mencapai 85,13 dan ketuntasan belajar 84,21% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 orang. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media massa berupa koran dan majalah dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Massa, Prestasi Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:06
Last Modified: 31 Aug 2018 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7626

Actions (login required)

View Item View Item