PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V111 A SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011

IRMAYANA, IRMAYANA (2011) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V111 A SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skrripsi irma NJ.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kependidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan penggunakan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pembelajaran 2010-2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Narmada tahun pembelajaaran 2010-2011 dengan jumlah siswa 36 orang, yang terdiri atas 19 orang perempuan dan 17 orang laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian kependidikan. Pelaksanaannya terdiri atas dua posttest dan setiap posttest terdiri atas dua kali pertemuan dan empat tahapan mulai dari:1) tahapan perencanaan tindakan, 2) tahap pelaksanaan tindakan, 3) tahap observasi, dan 4) tahap evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dan rumus ketuntasan belajar (laksikal). Indikator dalam penelitian ini berpedoman pada kovensi penilaian sekala 1-5. Untuk memperolaeh keabsahan data (kredibilitas data), dilakukan dengan memperpanjang kehadiran peneliti di lapangan dan dengan observasi mendalam. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa yaitu pada posttest I tergolong cukup aktif dan pada posttest II tergolong aktif. Sedangkan sekor rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada posttest I adalah 65,31 dan 54,29%, dan pada posttest II adalah 80,3 dan 100%. Dengan demikian ktriteria ketuntasan belajar tercapai. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelasVIII A SMPN 4 Narmada tahun pembelajaran 2010-2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:05
Last Modified: 31 Aug 2018 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7631

Actions (login required)

View Item View Item