PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) SISWA KELAS IV SDN PRAYITNA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

JULIANTINA, SHOPIANA (2011) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) SISWA KELAS IV SDN PRAYITNA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SHOPIANA JULIANTINA E1E 008123 FKIP.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Prayitna, diketahui bahwa prestasi belajar siswa masih rendah. Masalah ini disebabkan kurangnya minat siswa dan metode belajar yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prayitna. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prayitna yang berjumlah 41 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan tiap akhir siklus sedangkan data aktivitas mengajar guru dan belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Adapun indikator ketercapaian penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa dengan ketentuan terdapat minimal 85% siswa yang memperoleh nilai minimal 61. Hasil yang diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 73,17%, pada siklus II 82,92%. Pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 87,80%. Peningkatan prosentase ketuntasan dibarengi dengan peningkatan nilai rata-rata kelas masing-masing siklus sebesar 68,53 : 71,21 : 72,19. Karena tindakan telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan maka tindakan dapat dihentikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Prayitna tahun pelajaran 2010/2011 dapat meningkat menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar Siswa, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7632

Actions (login required)

View Item View Item