PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEPA-BEPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 KEKERI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

JULIANA, I KETUT (2011) PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEPA-BEPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 KEKERI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II, III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman terhadap sejumlah konsep dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Serta melihat sikap, nilai, moral, dan keterampilannya sesuai dengan konsep yang sudah dimiliki. Namun demikian saat proses belajar mengajar mata pelajaran IPS berlangsung siswa terlihat pasif, kurangnya minat dan motivasi belajar dan mereka menganggap pelajran IPS hanya hafalan yang sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mepa-Bepa pada Mata Pelajaran IPS, dengan Pokok Bahasan Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha dan Islam di kelas V SDN 1 Kekeri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 kekeri yang berjumlah 23 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil mencapai tujuan. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh rerata prestasi belajar sebesar 64,78 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,21% atau ada 15 orang dari 23 siswa yang tuntas. Pada siklus II rerata prestasi belajar meningkat menjadi 78,05 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 78,26% atau ada 18 orang siswa yang tuntas belajar. Adapum peningkatan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II yaitu, untuk aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,56%, dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II sebesar 20,01%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tipe Mepa-Bepa, prestasi bel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item View Item