PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN 03 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Olah:

WAHYUNI, B. NANI SRI (2011) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN 03 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Olah:. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 4 REVISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus ada tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan tujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran inquiri dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV semester genap SDN 03 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Data diperoleh dengan menggunakan lembar penilaian aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penilaian aktivitas guru pada siklus I dengan skor 80,5, dan pada siklus II 97,2 meningkat dengan prosentase kenaikan mencapai 16,5 %, penilaian aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 61,0, dan pada siklus II 94,4 meningkat dengan prosentase kenaikan mencapai 33,4 % dan analisis hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I 73,0, mengalami peningkatan menjadi 89,3 pada siklus II, dan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 79,0% meningkat menjadi 95,4% pada siklus II.Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan strategi pembelajaran inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dengan materi gaya kelas IV semester genap SDN 03 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strategi pembelajaran inquiri, prestasi belajar, materi gaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7637

Actions (login required)

View Item View Item