PENGOPTIMALAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ADRIKA, MINA (2011) PENGOPTIMALAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MINA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas IV SDN 5 Sandik diketahui bahwa guru cenderung mengajar dengan eksipositori, tanpa alat peraga, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran matematika menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran pun rendah dengan nilai rata-rata kelas 57,68 dengan ketuntasan belajar klasikal 46,43%. Untuk pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, maka diperlukan suatu alat peraga yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 5 Sandik pada mata pelajaran Matematika melalui pengoptimalan alat peraga kartu bilangan pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan untuk pembelajaran dan pertemuan ke-3 dilakukan evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Sandik yang berjumlah 28 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa siklus I dan II berturut-turut 45 dan 64, dengan kategori cukup aktif dan sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I dan II berturut-turut 63,93 dan 78,2. Ketuntasan belajar klasikal berturut-turut siklus I dan II adalah 71,43% dan 89,23 %. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 5 Sandik materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat TA 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): alat peraga kartu bilangan, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item