PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN PENULISAN KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS IV SDN I MAMBALAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Parlina, Wiwin (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN PENULISAN KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS IV SDN I MAMBALAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi PTK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 1 Mambalan pada pokok bahasan penulisan karangan narasi. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan kurang memotivasi siswa untuk menulis. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media mind mapping yakni sebuah catatan kreatif yang membentuk pola gagasan yang saling berkaitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluai serta refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yakni 75% dari keseluruhan siswa mendapat nilai ≥ 61. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 62,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,9%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 71,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,8%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pokok bahasan penulisan karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 1 Mambalan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karangan, narasi, mind mapping, prestasi, belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item