PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN KUBUS-KUBUS SATUAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS 5 SDN 3 SESELA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

YULIATI, YULIATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN KUBUS-KUBUS SATUAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS 5 SDN 3 SESELA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Matematika di kelas 5A SDN 3 Sesela siswa cenderung kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pada saat penyampaian materi, siswa langsung diberikan rumus-rumus tanpa adanya intraksi langsung dengan obyek yang dibicarakan sehinga proses pengajarannya kurang bermakna. Selain itu, motivasi belajar siswa rendah karena guru kurang mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari. Materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari salah satunya adalah volume kubus dan balok. Dari hasil observasi peneliti terhadap proses pembelajaran Matematika siswa dan wawancara dengan guru kelas 5A SDN 3 Sesela didapatkan bahwa pelajaran Matematika khususnya materi tentang volume kubus dan balok, prestasi belajar yang dicapai oleh para siswa masih kurang memuaskan. Permasalahan itu bisa diatasi dengan menggunakan alat peraga alternatif yaitu kubus-kubus satuan. Dengan menggunakan alat peraga ini, siswa terlatih untuk berperan aktif dalam mengikuti pelajaran dan dapat menemukan konsep sendiri sehingga mampu memahami materi yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan kubus-kubus satuan pada pelajaran Matematika pokok bahasan volume kubus dan balok di kelas 5A SDN 3 Sesela tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Adapun indikator kinerja tindakan adalah rata-rata skor hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan ketuntasan klasikal. Tindakan dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar siswa minimal 65 dan sedikitnya 85% dari banyaknya siswa yang mengikuti tes memperoleh nilai minimal 65 serta aktivitas mengajar guru minimal berkategori baik dan terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I tergolong baik sedangkan pada siklus II tergolong baik sekali. Rata-rata skor hasil belajar siswa masing-masing siklus adalah 63,91 dengan ketuntasan 78,13% pada siklus I, menjadi 79,22 dengan ketuntasan 87,50% pada siklus II Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus ke siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kubus-kubus satuan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5A SDN 3 Sesela pada pembelajaran materi volume kubus dan balok tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kubus-Kubus Satuan, Prestasi Belajar ,Volume Kubus dan Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item