PELAKSANAAN TUGAS PENGAWASAN OMBUDSMAN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA MATARAM

FITRI FADILLAH, FITRI FADILLAH (2018) PELAKSANAAN TUGAS PENGAWASAN OMBUDSMAN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka mengawasi kinerja pejabat penyelenggara pelayanan publik di daerah, saat ini terdapat Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi NTB. Di Kota Mataram sendiri khususnya Pendidikan, jumlah aduan dari masyarakat masih sangat tinggi dengan menempati urutan 5 (lima) besar sebagai laporan terbanyak setiap tahunnya. Disinilah peran Ombudsman perwakilan NTB diharapkan mampu mencegah terjadinya maladministrasi, sehingga berdampak pada meningkatnya pelayanan publik bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tugas Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik bidang pendidikan di Kota Mataram dan untuk mengetahui tindak lanjut rekomendasi/saran perbaikan Ombudsman dalam upaya peningkatan pelayanan publik bidang Pendidikan di Kota Mataram. Adapun manfaat yang diharapkan yaitu menjadi salah satu bahan masukan bagi Lembaga Ombudsman dalam pelaksanaan pelayanan publik bidang pendidikan di Kota Mataram dan menjadi salah satu bahan rujukan bagi akademisi secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan peneltian hukum empiris dengan metode pendekatan konseptual (Conseptual Approach), pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), serta pendekatan sosiologis (Sociological Approach). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1. Ombudsman Perwakilan NTB dalam pelaksanaan tugas pengawasan bidang pendidikan sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia yakni dimulai dari tahapan klarifikasi, investigasi lapangan, pemanggilan, mediasi/konsiliasi, ajudikasi khusus, rekomendasi sampai dengan monitoring. Selain itu, Ombudsman Perwakilan NTB juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang memiliki keterkaitan dengan substansi laporan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tugas pengawasan Ombudsman dan tindak lanjut rekomendasi/saran perbaikan Ombudsman dalam peningkatan pelayanan publik bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan konseptual, pendekatan perundang-undangan dan pendekatan sosiologis. Kesimpulannya yaitu pelaksanakan tugas pengawasan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan NTB sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia. Ombudsman perwakilan hanya boleh membuat draf usulan rekomendasi. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ombudsman perwakilan NTB, Bidang Pendidikan, Pelayanan Publik, Pengawasan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:37
Last Modified: 03 Sep 2018 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item View Item